Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta

Taman Budaya Surakarta - Gedung kesenian di Solo, dalam arti tempat dilangsungkannya beragam aktivitas kesenian, yang merupakan Taman Budaya Jawa Tengah atau dikenal dengan Taman Budaya Surakarta (TBS). Sebelum era otonomi daerah, Taman Budaya Surakarta ini berada di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan alias berada pemerintah pusat. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki taman budaya. Kebetulan, untuk daerah Jawa Tengah terletak di Solo.
 Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta
Sebelum terpusat di Kentingan, dahulunya markas seniman berada di Kamandungan, kompleks Kraton Surakarta dan kampus Mesen, dengan nama Pusat Kesenian Jawa Tengah. Pada awal tahun 1980an (kalau tak salah) PKJT dipecah menjadi dua, yang bergerak di pendidikan kesenian bernama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) lalu berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) dan kini bernama Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Untuk showroom produk seni, ya di Taman Budaya Surakarta itu.

Selain itu, ada Taman Balekambang yang pernah menjadi markas Srimulat dan grup kesenian ketoprak. Setelah melakukan penataan, gedung ketoprak dipindahkan dan dibuatkan bangunan baru yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kota Solo, dengan penampilan rutin grup Kelompok Ketoprak Seniman Muda Surakarta.
Di kawasan Sriwedari, ada sebuah gedung Wayang Orang Sriwedari yang tetap beroperasi hingga kini. Sekadar mengingatkan, Sriwedari dulunya dikenal sebagai Kebon Raja, yaitu taman milik Kraton Surakarta. Dulu, kebun binatang juga berada disana sebelum dipindah di Jurug, pinggir Bengawan Solo.
Baca Juga 7 Objek Wisata Sekitar Dieng Yang Harus Dikunjungi

Di kompleks Sriwedari ada sebuah Museum Radya Pustaka yang beberapa tahun silam telah kehilangan banyak asetnya. Dan disana juga terdapat THR alias Taman Hiburan Rakyat. Orang luar sering ragu, menyebut Taman Sriwedari sebagai Taman Budaya Surakarta. Padahal kedua tempat tersebut sangatlah berbeda. Sriwedari, tentu saja masuk kawasan cagar budaya karena peran sejarahnya. Di Taman Hiburan Rakyat ini, kini rutin untuk pentas musik dangdut, lagu-lagu Koes Plus dan tembang kenangan serta konser musik lainnya, selain ada aneka permainan anak-anak seperti bom-bom car dan sejenisnya.
Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta 

Dua tahun awal pemerintahannya, Presiden Jokowi melakukan survei potensi seni-budaya hingga tercatat 400-an kelompok dan sanggar tari, musik, teater dan senirupa yang ada di daerah ini. Ia lantas menyimpulkan kuatnya Solo pada seni pertunjukan (performing arts) dibanding Yogyakarta yang kuat di senirupa dan industri kreatif lainnya. Hal ini menjadikan kota Solo menjadi tempat wisata budaya yang ramai dikunjungi.

Mungkin itu saja mengenai tempat wisata jawa tengah yakni Taman Budaya Surakarta, semoga dengan artikel ini bertambahnya ilmu pengetahuan mengenai tempat wisata Jawa Tengah dan sekitarnya. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih.
Scroll to top